Selamat Datang Di Pustaka RMA

Mengenal Sensori Integrasi dan Manfaatnya Untuk Tumbuh Kembang Anak

  • By : Admin
  • 25 September 16, 16:52
 Mengenal Sensori Integrasi dan Manfaatnya Untuk Tumbuh Kembang Anak

Sensori integrasi ialah proses neurologis normal yang mengatur sensosi-sensasi sekitar kita untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari agar dapat survive, belajar, dan berfungsi.
Dalam proses sensori di tubuh kita, sensori integrasi memegang peranan PENTING. Contohnya, sejak dalam kandungan, anak akan menerima info dari seluruh alat indranya. Informasi yang diterima ini ialah sensasi yang dirasakan anak untuk diproses. Sensori integrasi menyatukan semua sensasi tersebut menjadi satu makna.

Sensori integrasi yang terjadi pada saat kita bergerak, berbicara, dan bermain merupakan dasar bagi sensori integrasi kompleks yang kita butuhkan seperti membaca, menulis, dan berbagai kebiasaan baik lainnya. Semakin banyak bergerak maka akan semakin banyak informasi yang diterima. Informasi yang masuk tersebut akan diatur oleh otak, ada yang digunakan, sehingga memiliki arti, namun ada juga yang dihambat. Mengapa tidak semua informasi yang dapat menstimulasi neuron kita terima? Sebab jika informasi yang diterima overload maka akan tertutup (otak kita memiliki kapasitas tertentu).

SENSORI merupakan dasar sebelum perkembangan lainnya, kemudian berlanjut dengan perkembangan motorik kasar, motorik halus, oral motor, verbal/wicara, kognitif. Perkembangan sensori ini berkaitan dengan keseimbangan, perabaan, sendi, visual, auditori, penciuman, dan pengecapan sehingga akan turut mengembangkan sosial, emosi, adaptasi, perilaku, kepercayaan diri, inisiatif, dan kreatif seseorang.

Sensori integrasi tidak berfungsi jika otak tidak dapat melakukan pekerjaannya, dengan demikian akan banyak usaha yang harus dikerahkan. Selain itu, kesulitan yang dihadapi akan semakin banyak.

Sensori integrasi yang tidak berfungsi optimal dapat membuat kegiatan yang mudah menjadi sulit bagi anak tertentu. Penyebabnya bisa jadi karena genetik, populasi, sikap orangtua yang over protective, proses kelahiran, perkembangan teknologi, serta ruang gerak main anak yang terbatas.

Masalah utama yang terjadi saat sensori integrasi tidak berkembang biasanya:
-SID (Sensory Integration Disorder)
-ADD/ADHD (Attention Deficit/Hyperactivity Disorder)
-Learning Difficulties

PANCA INDRA
Setiap bentuk sensasi yang kita rasakan melalui panca indra kita maka akan menghasilkan informasi. Tanpa adanya asupan informasi yang memadai, otak tidak dapat berkembang dan berfungsi secara optimal. Interaksi alat indra dan sistem motorik akan memberikan arti dari sensasi dan arah/tujuan dari suatu gerakan.

Indra Penglihatan (Sensori Visual)
Indra penglihatan merupakan kesadaran awal akan lingkungan dan objek. Jika kerjasama indra penglihatan dengan indra lainnya dapat efektif, maka dapat memberikan makna tentang kondisi lingkungan yang kita lihat. Indra penglihatan yang berkembang baik berfungsi untuk scanning, tracking, ketelitian, konsentrasi, dan sebagainya. Bila sensori visual tidak tercapai akan menyebabkan terjadinya gangguan konsentrasi dan ketelitian.

Stimulasi indra penglihatan di antaranya:
-Mencari sumber cahaya
-Memasukkan sesuatu ke target tertentu
-Lempar-tangkap bola ke dalam gawang
-Bulu tangkis
-Voli
-Dartboard
-Basket

Indra Pendengaran (Sensori Auditory)
Pada indra ini, proses yang cukup kompleks terjadi ketika kita berusaha mengartikan bunyi-bunyi tertentu menjadi kata atau kalimat bermakna. Bila sensori auditory tidak tercapai dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, ketenangan, serta gangguan bicara.

Stimulasi indra pendengaran di antaranya:
-Mencari sumber bunyi
-Distraksi suara yang hipersensitivity
-Mengikuti ritme bunyi

Imitasi suara/bunyi/ketukan
-Mengikuti gerakan dari musik (menari, ballet, dll)
-Menyanyi sesuai nada

Indra Perasa (Sensori Gustatory)
Lidah menyediakan informasi mengenai partikel kimiawi yang masuk. Fungsinya untuk mengenali rasa yang masuk dalam tubuh dan menjaga masuknya benda asing yang berbahaya.

Indra Penciuman (Sensory Olfactory)
Hidung kita menangkap kimia di udara yang menghasilkan bau tertentu. Prosesnya unik karena bau langsung terhubung dan diproses di bagian otak sistem limbik yang kemudian memberikan efek pada memori. Bila sensori penciuman dan pengecapan tidak tercapai maka akan menyebabkan gangguan kecemasan dan wicara.

Stimulasi indra perasa dan penciuman di antaranya:
-Artikulasi (senam oral)
-bicara
-mengunyah
-menelan
-mencium dan menebak berbagai aroma
-mencicip berbagai rasa

Indra Peraba (Sensory Tactile)
Indra peraba merupakan sistem sensori yang pertama berkembang dalam kandungan. Kulit kita memiliki beberapa reseptor untuk menerima stimulus yang berbeda dari lingkungan. Sistem perabaan merupakan sistem sensori terbesar dan memegang peranan penting dalam perilaku manusia (fisik dan mental). Bila sensori tactile tidak tercapai akan menimbulkan kecemasan.

Stimulasi indra peraba di antaranya:
-Brush area tubuh (kecuali kepala, wajah, leher, dada, perut, ketiak, paha dalam)
-Berjalan di tekstur bergradasi tanpa alas kaki
-Berguling di rumput, berjalan di rumput
-Berendam dan main pasir
-Main adonan kue
-Mengelem
-Hand/finger painting

Indra Proprioseptif
Pada indra ini, informasi didapatkan dari kontraksi dan pergerakan otot, dan juga dari sendi-sendi diantara tulang yang bergerak. Bila indra proprioseptif tidak tercapai akan menimbulkan gangguan kontrol diri dan gerak. Indra proprioseptif membantu seseorang untuk melakukan kegiatan memegang, melempar, serta motor planning.

Stimulasi indra proprioseptif di antaranya:
-Deep pressure massage
-Vibrator
-Gulung sandwich
-Dihempaskan
-Ditindih
-Tarik tambang, menggantung
-Main traktor-traktoran dengan tangan, kaki diangkat

Indra Vestibular
Indra ini memberikan informasi mengenai : gravitasi, pergerakan kepala, keseimbangan, dan arah. Bila indra vestibular tidak tercapai akan menimbulkan gangguan konsentrasi dan kecemasan. Indra vestibular membantu seseorang untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian, perubahan posisi, gerakan cepat,
serta meluncur ke berbagai arah.
Stimulasi indra vestibular di antaranya:
-Bermain ayunan
-Melakukan gerakan berputar
-Naik komidi putar
-Menari dengan gerakan tertentu
-Naik skuter
-Berayun di atas selimut

IG: @rumahmainanak
FP FB: Rumah Main Anak
Web: rumahmainanak.com


Komentar

Tinggalkan Pesan

Pertumbuhan dan Perkembangan

 Mengenal Sensori Integrasi dan Manfaatnya Untuk Tumbuh Kembang Anak

Mengenal Sensori Integrasi dan Manfaatnya Untuk Tumbuh Kembang Anak

Sensori integrasi ialah proses neurologis normal yang mengatur sensosi-sensasi s